7 Fakta Unik Zambia

https://mediasura.blogspot.com/

     Republik Zambia adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika bagian selatan. Negara yang tidak memiliki garis pantai ini berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo di sebelah utara; Tanzania di timur laut; Malawi di timur; Mozambik, Zimbabwe, Botswana, dan Namibia di selatan; dan Angola di barat.Berikut 7 fakta unik Zambia versi Mediasura.


  1. Nama Zambia diambil dari nama Sungai Zambezi yang mengalir di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Sungai Zambia adalah sungai terbesar ke-4 di dunia, yang melewati enam negara dari Afrika Tengah sampai ke Samudera India.
  2. Lambang Zambia adalah elang ikan Afrika, yang kelihatan seperti elang botak Amerika.
  3. Bendera Zambia didesain oleh Gabriel Ellison dengan perpaduan warna dan simbol. Warna dasar hijau melambangkan Zambia yang tropis dan menghijau. Strip hitam menyimbulkan penduduk kulit hitam Zambia dan strip mereah melambangkan perjuangan kemerdekaan. Strip orange menyimbulkan kekayaan mineral tanah Zambia dan elang melambangkan kemampuan rakyat Zambia mengatasi semua masalah yang dihadapi.
  4. Zambia terkenal dengan air terjun terbesar di dunia dilihat dari banyaknya air yang jatuh dari ketinggian 108 meter, yaitu air terjun Victoria, yang berada di sungai Zambezi. Lebar air terjun ini mencapai 5.600 kaki dan masuk dalam UNESCO World Heritage Site serta menjadi salah satu dari tujuh Keajaiban Dunia.
  5. Tradisi kesukuan masih bertahan di masyarakat pedesaan Zambia seperti yang berkaitan dengan pernikahan dan penguburan. Misalnya tradisi “Lobola” (maskawin) yang diberikan kepada calon pengantin perempuan oleh keluarga pengantin laki-laki sebagai tanda penghormatan kepada keluarga pengantin perempuan.
  6. Musim hujan biasanya terjadi pada bulan November sampai bulan April, yang oleh penduduk lokal dikenal dengan “musim zambrud”, yang daratan Zambia semuanya serba menghijau.
  7. Makanan khas dan utama Zambia adalah Nshima. Makanan lainnya adalah Ndiwo, Ndiyo, atau Umunani.

Komentar

Postingan Populer

Translate