7 Fakta Unik Indonesia

https://mediasura.blogspot.com


     Republik Indonesia atau Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau lebih umum disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Berikut 7 fakta unik Indonesia versi Mediasura.

  1. Nama “Indonesia” berasal dari bahasa Latin, “Indus”, yang artinya “India”, dan dari bahasa Yunani “nesos” yang artinya “Pulau”. Indonesia pada mulanya dinamakan Kepulauan India atau (Indian Archipelago) atau Kepulauan India Timur.
  2. Semboyan Indonesia adalah “Bhinneka Tunggal Ika” (Berbeda-beda tetapi tetap Satu).
  3. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, yang terdiri dari 17.508 pulau, dan masih ada 6000 pulau yang belum berpenghuni.
  4. Warna bendera Indonesia menyerupai negara Polandia dan Monaco. Bahkan bendera Indonesia sama dengan bendera Monaco tetapi beda ukurannya.
  5. Kepulauan Indonesia membentang di atas Ring of Fire Pasifik yang terletak di Pasifik Barat. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan dilaporkan terjadi setidaknya tiga kali gempa bumi ringan setiap harinya.
  6. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia. Di samping itu Indonesia memiliki 700 bahasa lain. Bahasa Indonesia banyak menyerap bahasa asing,misalnya  dari bahasa Arab, Belanda, Portugis, dan bahasa lainnya.
  7. Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pernah menyuruh arsitek Kristen untuk membangun masjid terbesar di Indonesia, yaitu Masjid Istiqlal. Di samping itu dia juga disuruh membangun katedral dan gereja sebagai simbol solidaritas dan toleransi agama.

Komentar

Postingan Populer

Translate