7 Fakta Unik Tuvalu

https://mediasura.blogspot.com/

     Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji. Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol benar. Berikut 7 fakta unik Tuvalu versi Mediasura.


  1. Tuvalu adalah negara kepulauan yang terdiri dari empat pulau karang dan lima atol besar (atol adalah pulau koral yang sebagian besar berada di Samudera Pasifik). Luasan daratan yang dimiliki Tuvalu hanya sebesar 26 kilometer persegi. Oleh karena luas negaranya yang sangat kecil, Tuvalu menyandang gelar sebagai negara terkecil keempat di dunia.
  2. Dari 26 km persegi luas daratan Tuvalu harus menampung sebanyak 10.472 populasi penduduk, menjadikan Tuvalu pun dicap sebagai negara berdaulat dengan populasi ketiga terpadat di dunia.
  3. Titik tertinggi dari 114 pulau yang membentuk negara ini bahkan hanya setinggi 5 meter saja dari permukaan laut. Kondisi inilah yang menyebabkan hari ini Tuvalu dianggap sebagai negara yang terancam tenggelam karena efek makin bertambahnya ketinggian permukaan laut.
  4. Letak Tuvalu memang terpencil dan tak banyak pilihan transportasi menuju ke sana. Mungkin itu yang menjadi alasan banyak turis jadi enggan mendatanginya.
  5. Tak sedikit penduduk Tuvalu yang sudah minggat ke kawasan tetangganya, Selandia Baru dan kepulauan Pasifik Selatan, karena khawatir masa depannya ikut tenggelam di Tuvalu.
  6. Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol benar.
  7. Tuvalu memiliki iklim tropis. Curah hujan sangat teratur dan pulau-pulau yang penuh air. Ada beberapa ikan dan tanaman laut yang ditemukan di lautan sekitarnya. Pohon kelapa dan pandan banyak ditemukan dalam badan air sekitarnya.

Komentar

Postingan Populer

Translate