7 Fakta Unik Yaman

https://mediasura.blogspot.com/

     Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Berikut 7 fakta unik Yaman versi Mediasura.


  1. Nama Yaman berasal dari nenek Yaman yang legendaris, yaitu putra Qahtan, atau dari akar kata Arab ymn (“kanan”), karena Yaman berada di sebelah kanan kakbah di Makah. Sebagian sarjana ada yang membandingkan istilah yumna (“bahagia”) dengan nama Romawi untuk Arab barat daya, yaitu Arabia Feliz (“Happy Arabia”).
  2. Bahasa nasional  Yaman adalah Bahasa Arab. Di samping itu banyak bahasa setempat digunakan di Yaman, misalnya bahasa Semit kuno oleh suku-suku pedalaman yang berhubungan dekat dengan bahasa Amharik Ethiopia dan bahasa Tigrinya. Bahasa ini keturunan dari bahasa Kerajaan Saba (abad 9 SM sampai  abad pertama SM) dan keturunan dari kerajaan Axumite (abad ke-4 SM sampai abad pertama M) .Varian bahasa Arab digunakan di Yaman, yaitu Mehri, Soqotri, dan Bathari.
  3. Yaman adalah satu-satunya negara berbentuk republik di Timur Tengah.
  4. Yaman tidak mempunyai kekayaan sumber alam dan merupakan negara paling miskin di Timur Tengah.
  5. Pada zaman kuno, Yaman adalah negara yang kaya yang memperdagangkan kemenyan, dupa, dan rempah-rempah.
  6. Yaman adalah salah satu negara penting yang mengontrol aliran minyak ke seluruh dunia melalui pelabuhan Oman.
  7. Mocha berasal dari Yaman.

Komentar

Postingan Populer

Translate