7 Fakta Unik Turkmenistan

https://mediasura.blogspot.com/

     Turkmenistan, juga dikenal sebagai Turkmenia. Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan. Berikut 7 fakta unik Turkmenistan versi Mediasura.


  1. Nama Turkmenistan berasal dari Bahasa Persia, yang artinya “Daratan Turkmen”. Etnis yang mendiami Turkmenistan terdiri dari etnis Turkmen, Russia, dan Uzbek.
  2. Bahasa resmi Turkmenistan adalah bahasa Turkmen. Bahasa ini adalah salah satu dari bahasa Turki dan berhubungan dengan orang Turki dan Azerbaijan. Di smaping itu juga banyak digunakan bahasa Russia. Diantara ucapan bahasa Turkmen adalah hawa (ya), yok (tidak), baş üstüne (silakan), sag boluň (terima kasih), ertiriňiz haýyrly bolsun (selamat pagi), agşamyňyz haýyrly bolsun (selamat sore), gijäňiz rahat bolsun (selamat malam), dan sag boluň, hoş (selamat tinggal).
  3. Pada tahun 2008, Turkmenistan membuat bendera nasionalnya dengan ukuran 52,5 x 35 meter. Bendera ini masuk dalam catatan Guinness Book of World Record sebagai bendera terbesar di dunia.
  4. Yang menakutkan dari Turkmenistan adalah musim. 90% faktor utama yang menentukan musim di Turkmenistan berasal dari gurun Karakum, dan temperatur di sana pada musim panas bisa mencapai 50° C.
  5. Turkmenistan terkenal peternakan kudanya. Peternakan kuda yang terkenal adalah peternakan kuda Akhal-Teke yang berada di bagian selatan Turkmenistan. Kuda-kuda ini dulunya digunakan untuk perang, tetapi sekarang dipakai untuk pacuan kuda. Di samping kuda, juga ada peternakan unta Arvana. Kuda Akhal-Teke menjadi gambar dari emblem Turkmenistan.
  6. Rumah berpindah-pindah (nomaden) di Turkmenistan adalah Yarta, yaitu berupa kemah dari kayu yang bisa dibongkar pasang.
  7. Di Turkmenistan, kapas menjadi komoditi utama dan menjadi produsen terbesar nomor sembilan di dunia.

Komentar

Postingan Populer

Translate