7 Fakta Unik Turki

https://mediasura.blogspot.com/

     Republik Turki disebut Türkiye adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Berikut 7 fakta unik Turki versi Mediasura.


  1. Bahasa resmi Turki adalah bahasa Turki, meski bahasa lain digunakan oleh minoritas kelompok Arab dan Kurdi. Bahasa Turki adalah bagian dari keluarga bahasa, yang sama digunakan di Azebaijan dan Negara-negara Asia Tengah, seperti Turkmenistan dan Uzbekistan. Bahasa Turki tidak ada hubungannya dengan bahasa Arab meski kedua bahasa tersebut banyak memiliki kata yang sama. Meski orang Turki itu orang muslim, tetapi mereka bukan bangsa Arab.
  2. Istanbul pernah menjadi ibukota dari tiga kekaisaran, yaitu Kekaisaran Romawi, Bizantium, dan Ottoman.
  3. Turki adalah Negara produsen dan pengekspor kemiri nomor satu dunia, dengan sekitar 70% dan 82% dari produksi dan ekspor dunia.
  4. Orang Turki minum 10 gelas teh lebih setiap harinya.
  5. 29 huruf alphabet Turki yang sekarang adalah dibuat sebagai inisiatif dari pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk.
  6. Buah ceri diperkenalkan ke Roma dari wilayah Anatolia, yang sekarang dikenal dengan nama Turki sejak tahun 72 SM.
  7. Manisan orang Turki adalah manisan tertua di dunia yang sudah berusia 500 tahun. Kesukaan Napoleon dan Winston Churchill adalah manisan buah kenari hijau, dan Picassol selalu makan manisan ini ketika sedang bekerja setiap harinya.

Komentar

Postingan Populer

Translate