7 Fakta Unik Uganda

https://mediasura.blogspot.com/

     Republik Uganda adalah sebuah negara di Afrika Timur. Negara yang mendapat julukan "Mutiara Afrika" oleh Winston Churchill ini berbatasan dengan Kenya di sebelah timur, Sudan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, Rwanda di barat daya, dan Tanzania serta Danau Victoria di selatan. Berikut 7 fakta unik Uganda versi Mediasura.


  1. Nama Uganda berasal dari bahasa Swahili untuk “Buganda”, yaitu kerajaan suku Ganda di Afrika Timur. Saat Inggris menjajah daerah ini pada tahun 1800-an, mereka mulai menggunakan istilah Swahili ini. Sekarang, Uganda meliputi Kerajaan kuno Buganda dan area di sekitarnya.
  2. Kerajaan Buganda sekarang masih ada di bagian selatan Uganda. Dalam sejarahnya, kerajaan ini adalah salah satu dari kelompok suku paling kuat di Uganda. Sekarang kerajaan Buganda dipimpin oleh Raja Ronald Muwenda Mutebi II dan Ratu Sylvia Nagginda.
  3. Motto bangsa Uganda adalah “Untuk Tuhan dan Negeriku”.
  4. Warna hitam pada bendera Uganda melambangkan bangsa Afrika, warna kuning melambangkan cahaya matahari dan warna merah menyimbulkan persaudaraan Afrika. Burung bangau adalah simbol kebangsaannya.
  5. Ibu kota Uganda adalah Kampala. Kota ini sangat berdebu dan merupakan salah satu kota paling kotor di dunia.
  6. Bahasa nasional Uganda adalah Bahasa Inggris. Ada 30 lebih bahasa pribumi yang digunakan di Uganda.
  7. Uganda merupakan salah satu negara miskin di dunia. kondisi ekonomi dari sebagian besar penduduknya tidak stabil dan hampir separoh penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Komentar

Postingan Populer

Translate